-->

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah dan memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan Nutrisi yang dihasilkan oleh Madu sangat banyak. Madu dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh kita. Allah swt. berfirman:
"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang dibukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dan perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (Q.S. An-Nahl:68-69) 
Dalam ayat diatas, sudah jelas bahwa Madu mampu menyembuhkan maupun mengobati segala macam penyakit pada Manusia. Apa saja manfaat madu bagi kesehatan? berikut diantaranya.

1. Sumber Vitamin dan Mineral
Madu kaya akan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan mineral tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

2. Menghaluskan kulit
Selain sebagai sumber vitamin dan mineral, di dalam madu juga terdapat kandungan asam glukonat dan asam organik yang memiliki khasiat bagi kulit, diantaranya dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi kulit keriput, garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, pada madu juga terdapat kandungan gula dan asam amino yang berguna untuk membantu mempertahankan kelembaban kulit.

3. Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan
Kandungan anti-bakteri pada madu dapat melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu juga dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol tinggi
Khasiat madu yang lainnya yaitu menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam madu sangat baik untuk kesehatan, diantaranya dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mencegah datangnya Kanker
Kandungan flovonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu, kandungan karsinogen pada madu dapat mencegah beragam tumor.

6. Meringankan Penyakit Pernafasan
Madu dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit yang timbul pada sistem pernafasan, antara lain bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi, dan sinusitis. Selain itu madu juga sangat efektif untuk penyakit pilek, flu, dan infeksi pernafasan.

7. Menghalau Bakteri dan Jamur
Pada madu terkandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi.

Demikianlah Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui,
Semoga bermanfaat.

1 Response to "Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui"

  1. meskipun begitu, kita nggak bisa menyamakan madu sebagai obat loh..
    https://www.panganpedia.com/ilmu-pangan/khasiat-madu-tak-boleh-disamakan-dengan-obat/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel